Membumikan Pendidikan Nilai
Oleh: Ichwan Muttaqin
Islam memiliki keyakinan, aturan, norma, etika dan pegangan yang harus diberikan berdasrakan wahyu.
Islam sebagai Nilai yang universal
- Trifungsi kenabian (tilawah, tazkiah dan ta’lim) merubah zhulumat menjadi hidayat QS. 62 ayat 2, Kepribadian nabi yang agung وَاِنَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ
(68:4), penyempurna akhlah, ber akhlak Al Quran. Keseimbangan Ibadah mahdhoh dan goirul mahdoh sehingga memerankan fungsi ibadah pencegah keji munkar (29/45) fungsi ibdah sebagai penyuci jiwa (9/103) - Islam menjadi satu-satunya Dien yang menyerukan ajarannya secara universal dengan memiliki konsepsi keyakinan aqidah yang sama وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ (QS 21/107).
- Secara Historistis menjadikan Madinah sebagai teritorial implementasi ke Islaman“Nilai”.
- Islam memiliki model manusia yang paling bernilai, yaitu Rosulullah SAW sebagai sumber keteladanan. (33/21)
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللّٰهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَنْ كَانَ يَرْجُوا اللّٰهَ وَالْيَوْمَ الْاٰخِرَ وَذَكَرَ اللّٰهَ كَثِيْرًاۗ
Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.
Khayru Ummah, Cerminan Masyarkat Bernilai.
كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ
“Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.”
- Manusia yang bermanfat, Implementasi Iman, Islam dan Ihsan
- Manusia yang aqra, Adaftif, kontributif, konstruktif
- Mereka yang hijrah, Agent of Devlopment, Agent of change, Al Khuluq (Jiwa) & Al Khalaq (Wujud) (Ibnu Manzhur Lisanul Arab jilid 10)