Administrasi Pendidikan secara Perspektif Terpadu
Oleh: Ichwan Mutaqin, S.E., M.E.Sy
A. Penegertian
Adminitsrasi berasal dari bahasa latin yakni Ad dan ministrate. Ad berarti kepada sedangkan ministrate artinya melayani, membantu dan mengarahkan. Dalam bahasa inggris administrasi adalah proses melayani. Sedangkan dalam Kamus Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia (KBBI) administer adalah mengurus, mengelola, menjalankan, melaksanakan, melakukan. Pada arti sempit administrasi merupakan ketata ushaan yang bertugas mencatat, mendokumentasikan, serta memproses surat menyurat serta menyiapkan suatu laporan pada suatu lembaga. (Qurtubi Ahmad:2019)
Pada arti yang lebih luas administarsi pendidikan adalah sebuah kegiatan mengelola, mengatur dan mencatat serta melaporakan kegiatan yang dilakasanakan di lembaga pendidikan demi menghasilkan tata aturan dan juga proses kegiatan berjalan sesuai dengan tujuan lembaga pendidikan. Berikut pengertian administrasi pendidikan menurut para ahli (Mahfud Hilal:2015):
Robert E. Wilson: “Koordinasi kekuatan yang penting untuk pengajaran yang lebih baik bagi anak-anak dalam organisasi sekolah untuk mencapai tujuan dan menjamin pencapaian tujuan”.
Daryanto; “Suatu Ilmu tentangan penyelenggraan pendidikan di sekolah agar tercapai tujuan pendidikan di sekolah tersebut”
B. Cara Berfikir Administrasi Pendidikan
Administrasi dalam pendidikan memiliki peranan yang sangat penting bahkan dapat disebutkan sebagai jatung dari sebuah lembaga. Pentingnya administrasi maka perlu penguatan salah satunya dengan model berfikir administrasi. Seorang administrator pendidikan yang bagus adalah mereka yang harus memiliki pemikiran yang out of the box tidak kaku dan harus banyak berfikir inovasi.
Setidaknya ada tiga cara agar dapat berfikir out of the box yakni: Rasionalitas (masuk akal), kalkulus (dengan perhitungan), dan metode (menggunakan cara untuk dipakai). Pada pandangan ini seorang administrator harus mampu menerapkan konsep perencanaan yang baik, peng oraganisasian yang matang, aktualiasi yang tepat hingga konsep evaluasi sebagai alat kontrol yang dilakukannya. Cara berfikir inilah yang akan membawa lembaga pendidikan mampu berjalan dan terlaksana dengan inovatif. (Hanuk Alemania: 2020)
C. Konsep Administrasi Pendidikan
D. Sarana Sarana Administrasi Pendidikan
E. Fungsi Administasi Pendidikan
Referensi:
Dr. Ahmad Qurtubi, M.A. : “Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori & Implementasi)“. 2019. Surabaya. Jakad Media Publishing.
Dr. Hilal Mahfud, M.M. : “Administrasi Pendidikan (Menuju Sekolah Efektif)”. 2015. Makasar. Penerbit Aksara Timur.
Alemnia Hanuk, S.E., M.M. : “Pengantar Ilmu Administrasi” 2020. Yogyakarta. Penerbit Andi